PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN SOPPENG

Authors

  • Muh. Yusuf Universitas Negeri Makassar
  • Indah Cahyani Universitas Halu Oleo, Indonesia

Keywords:

Budaya, Kinerja, Organisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Soppeng dengan menggunakan metode kuantitatif. Variabel bebas adalah budaya organisasi, sedangkan variabel terikat yaitu kinerja. Jumlah sampel sebanyak 86 dengan teknik penarikan sampel menggunakan tabel Morgan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Soppeng. Adapun rekomendasi dari penelitian ini adalah setiap aparatur sipil negara harus mampu mempertahankan kinerja yang telah dicapai agar tidak menurun dan lebih ditingkatkan, sehingga pekerjaan dapat terlaksana sesuai target, serta visi dan misi organisasi dapat terwujud secara maksimal.

References

Fahmi, I. (2010). Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi. Alfabet, CV.

Sagita, A. A., Susilo, H., & Cahyo, M. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Mediator (Studi Pada PT Astra Internasional, Tbk-Toyota (Auto2000) Cabang Sutoyo Malang). 57(1).

Suprapto, S. (2019). Budaya Organisasi di Sekretariat Kabupaten Gorontalo. Universitas Negeri Makassar.

Sofian Effendi, T. (2017). Metode Penelitian Survei (Revisi). Penerbit LP3ES.

Nugraha, H. (2011). Kinerja Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Dalam Penyajian Informasi Pariwisata Di Kabupaten Subang Melalui Sistem Informasi Geografis (SIG) [Universitas Ilmu Komputer].

Zulkarnain, Hasmin, dan G. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Bantaeng. Jurnal Mirai Managemnt, 1(2).

Downloads

Published

2024-01-08