KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN KOLAKA UTARA DALAM MENGATASI KEKERASAN TERHADAP ANAK

Authors

  • Dandi Ronaldi Jurusan Ilmu Administrasi Negara, FISIP Universitas Halu Oleo
  • Sitti Hairani Idrus Jurusan Ilmu Administrasi Negara, FISIP Universitas Halu Oleo
  • Ninik Endang Purwati Jurusan Ilmu Administrasi Negara, FISIP Universitas Halu Oleo

Keywords:

Kebijakan Publik, Pemerintah Daerah, Kekerasan Anak

Abstract

Penelitian ini memfokuskan bagaimana Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara menangani kasus kekerasan terhadap anak. Jenis penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, yang melibatkan penggambaran hasil observasi, wawancara, dan pendokumentasian enam informan penelitian. Reduksi data, analisis data, kesimpulan, dan verifikasi adalah metode analisis data yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah dalam penanganan kasus kekerasan terhadap anak di Kabupaten Kolaka Utara berdasarkan model implementasi kebijakan Van Meter dan Van Horn sudah cukup baik. Namun kurangnya sumber daya manusia dan anggaran dalam melakukan penanganan anak korban kekerasan menjadi faktor penghambat dalam menangani kasus kekerasan pada anak. Adapun faktor pendukungnya yaitu sudah terjalin kerja sama dan koordinasi yang baik terhadap pemerintah setempat dalam menangani kasus kekerasan yang terjadi pada anak di Kabupaten Kolaka Utara.

References

Anshar, M. (2020). Implementasi Kebijakan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Dalam Penanggulangan Kekerasan Terhadap Anak Di Kabupaten Gowa. Makassar: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar.

Dini Zulfiani Indrawati, D. (2018). Penanganan Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak Di Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Administrative Reform, 6(3).

Fatimah Zahroo, H. R. (2020). Strategi Penanganan Kasus Kekerasan Terhadap Anak Di Kabupaten Tegal Tahun 2020 (Studi Penelitian Di Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kabupaten Tegal. Jurnal Kajian Politik Dan Pemerintahan, 11(2).

Hamdan. (2019). Peran Pemerintah Kota Jambi Dalam Mengatasi Kekerasan Terhadap Anak (Studi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Dan Perlindungan Anak Kota Jambi. Skripsi Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Sulthan Thata Saifuddin Jambi.

Ilham, A. A. (2022). Analisis Kekerasan Terhadap Anak Dan Kebijakan Dalam Pencegahannya Di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Publik, 11(4).

Ita Purmalasari, A. M. (2021). Efektivitas Kebijakan Walikota Makassar Dalam Program Pencegahan Kekerasan Anak Berbasis Shelter Warga. Indonesia Jurnal Of Criminal Law, 5(1).

Luth, M. R. (2022). Kebijakan Pemerintah Dalam Penanggulangan Kekerasan Terhadap Anak Di Tengah Pandemi. Jurnal Caraka Parbu, 6(1).

Noer, K. U. (2019). Mencegah Tindak Kekerasan Pada Anak Di Lembaga Pendidikan. Jurnal Studi Gender, 14(1).

Nurdin, H. E. (2019). Teori-Teori Analsiis Implementasi Kebijakan Publik (Disertai Contoh Aplikasinya Dalam Analisis Implementasi Kebijakan Publik Bidang Pendidikan Karakter). Bandung: CV. Maulana Media Grafika.

Rahman Mulyawan. 2015. Sistem Pemerintahan Indonesia. UNPAD Press Sahrul, R. N. (2020). Implementasi Kebijakan Perlindungan Anak (Telaah Nomor 35 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 1). Jurnal Of Social Work And Social Service, 1(2).

Saptenno. J.M. 2016. Kebijakan Pemerintahan. UNPATTI Sarip, N. R. (2020). Kebijakan Perlindungan Anak Korban Kejahatan Seksual Di Cirebon. Jurnal Hukum Dan Pembangunan, 50(3), 619-632.

Susilo. (2019). Peran Pemerintah Kota Jambi Dalam Menangani Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak ( Studi Kasus Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Dan Perlindungan Anak Kota Jambi. Skripsi Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Taufiqurakhman. 2014. Kebijakan Publik Pendelegasian Tanggungjawab Negara Kepada

Presiden Selaku Penyelenggara Pemerintahan. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik

Universitas Moestopo Beragama (Pers)

William N. Dunn. 1998. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Edisi 2. Gadjah Mada University

Press

Downloads

Published

2024-01-14