KONSTRIBUSI BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM MENGAKSELERASI PEMBANGUNAN DESA DI DESA SIPAENRE KECAMATAN KINDANG KABUPATEN BULUKUMBA

Authors

  • Jusman Jusman Universitas Handayani Makassar
  • Abd Rahman Universitas Handayani Makassar
  • Sitti Sahara Syamel Universitas Handayani Makassar
  • Tri Cahyo Nugroho Universitas Handayani Makassar
  • Hermawati Mappiwali Universitas Handayani Makassar

Keywords:

Kontribusi, Badan Permusyawaratan Desa, Pembangunan desa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Konstribusi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam mengakselerasi pembangunan desa dengan studi kasus di Desa Sipaenre. BPD adalah organisasi yang  berperan dalam menjalankan otonomi desa dan mengawasi serta mendukung pembangunan di tingkat desa. Disamping itu untuk mengidentifikasi konstribusi BPD dalam mengakselerasi pembangunan desa Sipaenre dan mengevaluasi kontribusi mereka terhadap perkembangan desa serta menganalisis kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas mereka. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Konstribusi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Desa Sipaenre dalam mengakselerasi pembangunan desa terlihat bahwa keterlibatan dalam perencanaan pembangunan, pengawasan proyek-proyek pembangunan, dan mengumpulkan aspirasi masyarakat belum optimal dilakukan. Disamping itu pada aspek lainnya diidentifikasi beberapa masalah yang ada  BPD dalam menjalankan konstribusinya seperti kendala-kendala yang meliputi keterbatasan sumber daya, kurangnya pemahaman masyarakat tentang peran BPD sehingga pengawasan belum efektif, disamping itu kerjasama yang terbangun masih perlu dilakukan perbaikan agar aspirasi masyarakat dapat ditampung sebagai dasar dalam menentukan kebijakan dan perlu meningkatkan evaluasi dalam pembangunan di desa sipaenre. Sehingga Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konstribusi badan permusyawaratan desa (BPD) dalam mengakselerasi pembangunan desa Sipaenre kurang optimal namun masih ada potensi untuk perbaikan.

References

Dewi, I., Sumarni, T., & Indra. (2020). Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Terhadap Pemerintahan Desa (Studi Kasus Desa Pambang Pesisir Kecamatan Bantan). Yustisiabel, 4(2), 118–127.

Firman, & Firman. (2020). Peranan Badan Permusyawaratan Desa dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Desa. Al-Islah Jurnal Ilmiah Hukum, 2(1), 39–52.

Haryani, D. (2015). Peran Badan Permusyawaratan Desa Dalam Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Di Desa Melati Ii Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Perspektif, 8(April), 426–436.

Hasdi Ibnu Abid M, & Mustafa Adriana. (2023). Peran Badan Permusyawaratan Desa Dalam Pembangunan Desa Studi Desa Aeng Batu-batu Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Siyasatuna Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siayasah Syar’iyyah, 4(1), 65–75.

Malik, S. (2020). Peran Badan Permusyawaratan Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Ius Constituendum, 5(2), 325–343.

Metry, P. W. (2019). Peran Badan Permusyawaratan Desa Dalam Pengawasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Berdasarkan UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Indonsian State Law Reveie, 1(6), 127–154.

Rafiq, A., & Asrizal, M. (2020). PUBLIKA : Jurnal Ilmu Administrasi Publik Peran Badan Permusyawaratan Desa Dalam Menampung Dan Menyalurkan Aspirasi Masyarakat Desa Sungai Asam Kecamatan Belat Kabupaten Karimun. 6(2), 223–232. https://doi.org/10.25299/jiap.2020.vol6(2).5972

Sri, N., Agus, R., & Isharyanto. (2020). Faktor Pendukung dan Penghambat Peran Badan Permusyawaratan Desa Tawengan dalam Proses Penetapan Peraturan Desa. Hukum Dan Pembangunan Ekonomi, 6(2), 131–143.

Ummi, N., & Afriva, K. (2019). Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Demokrasi Pembangunan Desa (Studi di Desa Sirambas Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal). Mahasiswa Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 1(4), 58–66.

Wulandari, R., Kadir, A., & Arief, Y. (2021). Peran Badan Permusyawaratan Desa dalam Pengelolaan Dana Desa. Strukturasi : Jurnal Ilmiah Magoster Administrasi Publik, 3(September), 150–155. https://doi.org/10.31289/strukturasi.v3i2.744

Downloads

Published

2024-01-25