ANALISIS DAMPAK KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 MAKASSAR

Authors

  • Sitti Sahara Syamel UNIVERSITAS HANDAYANI MAKASSAR
  • Jusman
  • Abd Rahman
  • Hermawati Mappiwali Administrasi Publik, Universitas Handayani Makassar
  • Tri Cahyo Nugroho Universitas Handayani Makassar

Keywords:

Sertifikasi, Kebijakan, Guru, Dinas Pendidikan

Abstract

Indonesia membutuhkan orang-orang yang dapat berfikir secara efektif, efisien dan juga produktif hal tersebut dapat diwujudkan jika kita mempunyai tenaga pendidik yang handal dan mampu mencetak generasi bangsa yang pintar dan bermoral. Kebijakan sertifikasi bagi guru dan dosen memang suatu langkah yang strategis untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Secara formal, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menyatakan bahwa guru adalah tenaga profesional. Sebagai tenaga profesional, guru dipersyaratkan memiliki kualifikasi akademik S-1 (strata satu) atau D-4 (diploma empat) dalam bidang yang relevan dengan mata pelajaran yang dipegangnya dan menguasai kompetensi sebagai agen pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, peneliti terdorong untuk mencoba menggambarkan dan menjelaskan analisis dampak kebijakan sertifikasi guru di dinas pendidikan kota Makassar khususnya di sekolah menengah kejuruan negeri 5 makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan sertifikasi guru membawa pengaruh positif bagi guru-guru yang ada di sekolah menengah kejuruan negeri 5 Makassar. Dengan adanya sertifikasi guru banyak guru yang mempunyai tingkat kemampuan kompetensi yang minim dapat lebih meningkatkan lagi kompetensinya menjadi lebih maksimal. Sertifikasi guru juga dapat memotivasi para guru untuk bekerja lebih baik lagi karena guru-guru yang telah mendapatkan sertifikat pendidik dituntut untuk menjadi seorang guru professional.

 

Kata Kunci: Dampak, Sertifikasi, Kebijakan, Guru, Dinas Pendidikan

 

References

Andika, A., Nurdin, E. S., Ruyadi, Y., Indonesia, U. P., & Indonesia, U. P. (2022). a Policy Analysis of English Teacher Certification. Jurnal Penelitian, 6, 86–94.

Anjarsari, R. (2022). Dampak kebijakan sertifikasi guru terhadap kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 8(2), 163–173.

Bintoro, R. F. A., & Fitrianto, Y. (2019). Pelaksanaan Kebijakan Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Kalimantan Timur (Studi Kasus Di Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Kartanegara Dan Kabupaten Kutai Timur). Jurnal Riset Pembangunan, 2(1), 36. https://doi.org/10.36087/jrp.v2i1.47

Elwijaya, F., Mairina, V., & Gistituati, N. (2021). Konsep dasar kebijakan pendidikan. 6(1), 67–71.

Manafe, H. A., Goru, R., Naen, A. B., & Hebi, M. (2023). Dampak Sertifikasi Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Melalui Kompetensi Guru Sebagai Pemoderasi ( Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan ). 4(1), 300–314.

Muamar. (2017). Dampak Tunjangan Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Madaniyah, 1, 23–50.

Nawawi, M. S. (2022). Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kompetensi, Motivasi Dan Kesejahteraan Guru, Serta Pengaruh Ketiganya Terhadap Kinerja Guru (Suatu Kajian Studi Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Manajemen Keuangan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu …, 3(1), 323–336. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/878%0Ahttps://dinastirev.org/JMPIS/article/download/878/569

Pardede, Z. H., & Yafizham. (2020). Dampak Efektivitas Program Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Sman 3 Padang Sidempuan. Visipena Journal, 11(1), 33–45. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i1.1027

Ulin, F. (2015). EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 13 KOTA PONTIANAK. Governance Jurnal S-1 Ilmu Pemerintahan, 4, 1–17.

Downloads

Published

2024-05-30

Issue

Section

Articles