ANALISIS SISTEM INFORMASI LOGISTIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PADA BAGIAN PENGADAAN KOMODITI BERAS PERUM BULOG KANWIL SULTRA

Authors

  • Dandhi Ahmad Suharlan Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP, Universitas Halu Oleo
  • Adrian Tawai Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP, Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Yusuf Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP, Universitas Halu Oleo

Keywords:

Sistem Informasi Manajemen, Kinerja, Bulog

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Sistem Informasi Logistik Untuk Meningkatkan Kinerja  Pada Perum Bulog Kanwil Sultra. Sistem Informasi Manajemen dapat dilihat dari beberapa aspek seperti Perangkat Keras (Hardware), penerapan perangkat keras yang mampu menunjang  Sistem Informasi sudah tersedia dan terpenuhi. Kemudian Perangkat Lunak (software) sudah memiliki domain sesuai dengan tugas dan fungsi dan dilakukan secara localhost (virtual server). Kemudian Prosedur tidak ada kendala dalam proses pengumpulan data dikarenakan data yang di proses. Lalu manusia kemampuan pegawai dalam mengoperasikan komputer sudah baik, kendala yang dirasakan dalam pengoperasian komputer. Kemudian Basis Data (Database) basis data selalu tersedia dalam server internal yang dimana terkait langsung dengan Perum Bulog Kantor Pusat dan selalu tersinkronisasi. Sedangkan kinerja dapat dilihat dari beberapa aspek seperti, Kualitas kerja cukup baik karena pegawai sesuai dengan standar perusahaan. Lalu Kuantitas Kerja kuantitas pegawai cukup baik, pegawai mampu menyelesaikan pekerjaan. Kemudian Pelaksanaan Tugas sangat disiplin dan selalu tepat waktu baik dalam kehadiran maupun melaksanakan tugasnya masing-masing. Terakhir Tanggung Jawab tingkat kehadiran yang cukup tinggi karena menggunakan presensi berbasis GPS yang melakukan presensi kehadiran tepat waktu untuk menghindari pemotonga gaji.

References

Nasution, N. M. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Efektivitas Kinerja Manajerial Di Dinas Perdagangan Kota Padangsidimpuan.

Ningtyas, S. R. S. (2021). ). Peranan Sistem Informasi Manajemen Dalam Proses Pengambilan Keputusan Jangka Panjang Mengenai Investasi Aktiva Tetap (CV PANDAWA PUTRA BOMBANA.

Pamungkas, I. B. (2017). Pengaruh sistem informasi manajemen, kompetensi, motivasi terhadap kinerja manajerial pada pt. Circleka indonesia utama. 5(1), 112–131.

Priyono, S. U. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Manajerial. SANTA DHARMA.

Sjamsuridjal, & N. F. L. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Manajerial Pt . Dirgantara Indonesia ( Persero ). 1(24).

Sudirman, A. , M. P. R. A. , W. A. , & A. L. A. (2020). Sistem Informasi Manajemen.

Surianta, E. , & P. B. M. (2020). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial Pada Kantor Regional Oleh : Influence Of Management Information System On Employee Performance At Kantor Regionalvi Badan Oktober. 10(2).

Sutiyadi. (2017). Analisis Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer, Pelatihan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Manajerial Pada Kantor Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta. 2(1), 53–62.

Waris, A. (2020). Analisis pengaruh penerapan sistem informasi manajemen dan standar operasional prosedur terhadap kinerja manajerial pada dinas pemberdayaan masyarakat Desa kabupaten majene. repository.stienobel-indonesia.ac.id .

Widodo, T. W. , H. S. R. , & S. M. (2017). ). Pengaruh aplikasi sistem informasi manajemen (sim) terhadap kinerja ManajeriAL (Studi Kasus pada Usaha Kecil Menengah Bidang Usaha Warnet di Kota Malang).

Wijayanti, K. D. , S. A. , W. H. , & A. A. (2021). Sistem Informasi Manajemen (M. F. Akbar (ed.). CV Insan Cendekia Mandiri.

Downloads

Published

2024-05-30

Issue

Section

Articles