ANALISIS PEMANFAATAN E-GOVERMENT DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Authors

  • Arifin Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP, Universitas Halu Oleo
  • La Manguntara Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP, Universitas Halu Oleo
  • Jopang Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP, Universitas Halu Oleo

Keywords:

E-Goverment, Kinerja Pegawai, Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Tenggara

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk mengetahui dan mengkarakterisasi tata kelola elektronik di Kantor BPN Provinsi Sulawesi Tenggara serta produktivitas pegawai di sana. Penelitian ini bersifat kualitatif, dan menggunakan analisis deskriptif kualitatif untuk memberikan temuan rinci dan menyeluruh mengenai analisis implementasi elektronik. pemerintah terhadap kinerja pegawai di Kantor BPN Provinsi Sulawesi Tenggara. Penulis mengidentifikasi tujuh orang yang diwawancarai untuk penelitian ini: kepala kantor BPN Provinsi Sulawesi Tenggara, kepala subbagian kepegawaian, kepala perencanaan dan hubungan masyarakat, dan tiga orang staf. Berdasarkan temuan, wawancara, dan diskusi, pemanfaatan E-Goverment di Kantor BPN Provinsi Sulawesi Tenggara menunjukkan bahwa dari segi infrastruktur, fasilitas sudah terpenuhi. Sebaliknya dalam hal kepemimpinan, semakin formal kewenangan seorang pemimpin, dalam hal ini Kepala Kantor BPN, untuk memberikan sanksi dan memberikan insentif serta penanda budaya, maka semakin baik. pengorganisasian kepegawaian di Kantor BPN Provinsi Sulawesi Tenggara berdasarkan praktik dan SOP yang efektif digunakan untuk membantu penerapan E-Goverment.. Staf Kantor BPN Provinsi Sultra kinerjanya mengagumkan. Karyawan yang menghasilkan pekerjaan berkualitas tinggi adalah karyawan yang disiplin, efisien dalam waktunya, dan sadar akan kewajibannya dalam menyelesaikan tugas. Karyawan mengikuti kode etik yang ketat dalam hal jumlah dan kualitas pekerjaan yang mereka lakukan, memastikan bahwa kuantitas dan nilai output tidak terganggu. Akuntabilitas karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka: anggota staf layanan menyadari kewajiban mereka untuk melakukan tugas yang diberikan dengan mengoptimalkan waktu dan kesadaran mereka. Pekerja harus menerapkan disiplin kerja dengan datang dan meninggalkan tempat kerja pada jam yang dijadwalkan guna mengoptimalkan pelayanan melalui penerapan E-Goverment yang efektif.

References

Adelia, N. R. (2016). Pengaruh E-Government Terhadap Disiplin pegawai Di Kantor Bina Mental dan Spiritual Provinsi Sulawesi Selatan (N. R. Adelia, Ed.). Universitas Hasanuddin.

Ahmad, S. (2018). Efektivitas Fingerprint Dalam Meningkatkan Kediseplinan Pegawai Di Dinas Pertanian Dan Perkebunan Aceh.

Artadi, W. ,dan I. A. (2016). Penerapan Absensi Elektronik Dalam Meningkatkan Disiplin Pustakawan Di Kantor Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. 5(1), 271–280.

Emelda. (2019). ). Pengaruh Absensi Fingerprint dan Sanksi Hukuman Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Pada Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan. 15(4), 14–21.

Fadila, R. , dan S. M. (2019). Pengaruh penerapan sistem E- governmentterhadap disiplin pegawai pada markas komando direktorat pengamanan badan pengusahaan batam. 3(1), 53–63.

Fathimiyah, U. (2016). Pengaruh absensi sidik jari (finger print) dan motivasi kerja terhadap kedisiplinan pegawai (studi kasus di fakultas ekonomi dan bisnis islam, dan di fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan, UIN Walisongo Semarang). Universitas Islam Negri Walisongo. Semarang.

Irwan, A. (2018). Sistem Pelayanan Publik Berbasis E-Government Pada Pemerintahan Daerah Kabupaten Merauke. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Sosial. 7(1), 20–37.

Kurniati, R. (2018). Pengaruh Penerapan Sistem Absensi Elektronik (Finger PrintScanner) Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil Pada Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kota Medan. Universitas Sumatera Utara Medan.

Rianto, B. , dan L. T. (2012). Polri & Aplikasi E- Government Dalam Pelayanan Publik. Surabaya: CV. Putra Media Nusantara.

Sugiyono. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D (Sugiyono, Ed.). Alfabeta.

Yuwelson. (2016). Pemanfaatan Elektronik Government Dalam MeningkatkanDisiplin Pegawai (Studi Kasus Penggunaan AbsensiElektronik Di Kantor Bupati Malinau). Jurnal Pemerintahan Integratif. Jurnal Pemerintahan Integratif, 4(1), 1–15.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles