PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Authors

  • Adinda Trieska Priyanka Caesarina Mekoa Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP, Universitas Halu Oleo
  • Muhamad Basri Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP, Universitas Halu Oleo
  • Erni Qomariah Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP, Universitas Halu Oleo

Keywords:

Good Governance, Kinerja Pegawai, Transparansi, Kuantitas

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk mengetahui Evaluasi Penerapan Good Governance Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Tenggara. Metode yang digunakan merupakan kualitatif deskriftif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa Penerapaan Prinsip Good Governance Pada Kantor ESDM sudah berjalan dengan baik dalam hal akuntabilitas, keterbukaan, fairnes (kesetaraan dan kewajaran), dan berdasarkan hukum, namun belum optimal diterapkan pada indikator Transparansi pada penerapannya masih selalu ada upaya-upaya evaluasi yang dilakukan oleh pimpinan kantor untuk meningkatkan proses penerapan good governance didalam kinerja pegawai dinas ESDM. Sedangkan pada indikator Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Tenggara sudah berjalan dengan baik pada penerapannya, dapat dilihat dari indikator kualitas dan kerjasama antar karyawan. Namun Berupa indikator kuantitas dan jangka waktu masih belum maksimal, karena di lihat dari indikator kuantitas dimana masih selalu adanya evaluasi terhadap kuantitas kinerja pegawai dilakukan agar selalu berjalan dengan optimal, pada indikator ketetapan waktu belum dikatakan optimal karena masih ada pegawai yang sering menunda-nunda pekerjaannya, baik karena masalah internal maupun eksternal. Hal ini bisa di lihat pada pegawai bahwa masih ada kendala-kendala yang timbul. Sehingga masih belum maksimal dalam menyelesaikan capaian tugasnya tepat waktu.

References

Achmad, F., & Indrarini, R. (2022). ANALISIS GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KINERJA KARYAWAN DALAM PENGHIMPUNAN DANA LAZISMU SIDOARJO. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(2), 187-198.

Andini, R., Amin, M. J., Dyastari, L., Sos, S., & Si, M. (2017). Penerapan Prinsip-prinsip Good Governance Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di kantor Camat Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(4), 1571-1582.

Ginting, A. P. T. B. (2022). Implementasi Prinsip-prinsip Good Governance dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Pelayanan Publik pada Kantor Kelurahan Gundaling I Kota Berastagi (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Muryani, (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia (Issue February). https://books.google.co.id/books?id=D_tjEAAAQBAJ

Priyandini, E. A. (2023). Implementasi Good Corporate Governance Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al-Mabrur Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Ramendra, J., & Kurniawan, P. S. (2021). Evaluasi Penerapan Good Governance pada Laporan Pertanggungjawaban Alokasi Dana Anggaran. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 127-136.

Sinambela, Lijan Poltak, Dkk (2020). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugandi. (2011). Administrasi Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugiyono. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D.

Tampubolon, M., Simanjuntak, N., & Silalahi, F. (2020). Birokrasi & Good Governance. 1–23.

Ulva, M. (2023). Penerapan Prinsip Good Governance Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Aceh (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry).

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles