OPTIMALISASI LAYANAN KOUNSULTASI DATA TERPADU KESEJAHTRAAN SOSIAL (DTKS) DALAM PENYALURAN BANSOS PADA DINSOS KOTA KENDARI

Authors

  • Tegar Almuufarid Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP, Universitas Halu Oleo
  • Syamsul Alam Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP, Universitas Halu Oleo
  • Justawan Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP, Universitas Halu Oleo

Keywords:

Layanan Kounsultasi, Data Terpadu Kesejahtraan Sosial, Bantuan Sosial

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk memutuskan dan menjabarkan perkembangan penyelenggaraan konferensi informasi Bansos pemerintah yang terkoordinasi dalam sosialisasi Bansos pada Bansos Kota Kendari. Selain itu, terdapat variabel pendukung dan penekan. Eksplorasi yang dilakukan di Bansos Kota Kendari ini, merupakan pemeriksaan subyektif dengan pendekatan elusidasi. Ujian tidak ditetapkan menjadi 5 orang yang diselesaikan dengan menggunakan strategi pengujian yang bertujuan. Prosedur pengumpulan informasi adalah persepsi, pertemuan luar dan dalam, serta studi catatan. Strategi investigasinya adalah model pemeriksaan subjektif Miles dan Huberman. Dampak dari penjajakan tersebut adalah (1) penyelenggaraan diskusi informasi Bansos pemerintah yang terkoordinasi dalam pendistribusian Bansos di Bansos Kota Kendari telah selesai sesuai dengan Pedoman Pelayanan Sosial Nomor 3 Tahun 2021, namun belum berjalan ideal. Sebab, persoalan informasi masih terlacak mulai dari NIK, nama, dan alamat. belum tersinkronisasi dan belum dilakukan pemugaran informasi, hal ini dikarenakan direktur informasi DTKS Bansos Kota Kendari hanya diawasi oleh satu orang saja, sehingga pelaksanaan perubahan informasi belum sepenuhnya berjalan dengan baik. (2) Variabel pendukung selama pengukuhan dan persetujuan informasi DTKS pada Bansos Kota Kendari adalah: adanya dukungan pengarahan khusus kepada bos dan pendamping SLRT, adanya kantor pendukung informasi pengurus pelaksana, dan adanya dukungan daerah setempat. (3) Variabel penghambatnya adalah masih adanya informasi daerah setempat yang belum selaras dengan informasi yang ada di Disdukcapil, pemanfaatan informasi penerima bantuan.

References

Adwidjaja, Ignatius dan Costa Antonius Richardo Ratu Da dan Ignatius. 2018. “Peran Dinsos Dalam Pelaksanaan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Elektronik Warung Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan di Kota Malang.”

Azhari, Septian Cahya, Erni Mulyanie, dan Septian Indri Saputri. 2022. “Kegiatan Pengecekan dan Persetujuan Data Program Keluarga Harapan (PKH) dan BPNT Melalui Program Pejuang Muda di Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis.” Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan 5 No. 1.

Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Penyaluran Belanja Bansos di Lingkungan Kementrian Sosial. 2019.

Rachaman, Benny dan Adang Agustian. “Efektivitas dan Perspektif Pelaksanaan Program Beras Sejahtera (Rastra) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).” Analisis Kebijakan Pertania.

Ramadhona, dan Novri Roja. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Bansos Pangan di Sumatera Barat Menggunakan Analisis Jalur.” Universitas Negeri Padang.

Rambe, Viki Setiawan. 2019. “Peran Dinsos Dalam Melakukan Bimbingan Tentang Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Pengetesan Kemiskinan di Kelurahan Saentis Kabupaten Deli Sedang.”

Ruhyana, N.F dan H. Ferdiansyah. 2020. “Strategi Kebijakan Pemerintah Kabupaten sumedang dalam Pemberian Bansos di Masa Pandemi Covid 19.” 4(2): 1–17.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles