STUDI LITERATUR TENTANG INTEGRASI DIGITAL DALAM PERSPEKTIF PELAYANAN PUBLIK BERKELANJUTAN

Authors

  • Irfan basyo Universitas Indonesia Timur

Keywords:

Digitalisasi, Pelayanan Publik, Efektif , Responsif

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi integrasi digital dalam optimalisasi pelayanan publik berkelanjutan pada era revolusi industri 4.0. Digitalisasi pelayanan publik menjadi krusial dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan untuk memenuhi tuntutan masyarakat akan layanan yang cepat, efektif, dan efisien. Melalui telaah literatur, penelitian ini menunjukkan bahwa digitalisasi pelayanan publik memiliki potensi besar untuk meningkatkan efisiensi, aksesibilitas, dan responsivitas pemerintah. Penelitian literature review ini mengkaji bagaimana digitalisasi dapat meningkatkan kualitas dan aksesibilitas layanan publik, serta bagaimana mengatasi tantangan dalam implementasinya. Hasil penelitian menegaskan bahwa integrasi digital dapat meningkatkan optimalisasi pelayanan publik yang berkelanjutan dengan fokus pada kepuasan pelanggan. Inovasi, partisipasi masyarakat, penguatan kapasitas, dan kolaborasi menjadi elemen penting dalam penyediaan pelayanan publik yang efektif dan responsif. Tantangan seperti literasi digital masyarakat, perlindungan data pribadi, dan keamanan cyber perlu diatasi. Selain itu, penelitian ini membahas konsep digital governance, E-government, dan pelayanan publik berkelanjutan, serta faktor-faktor kunci seperti inovasi, partisipasi masyarakat, penguatan kapasitas, dan kolaborasi.

References

Alim, M. S., & Ibrahim, R. (2024). Optimalisasi Kualitas Pelayanan Publik Di Era Digital Desa Moluo Kab. Gorontalo Utara. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 3793–3802. Http://J-Innovative.Org/Index.Php/Innovative/Article/View/9803

Creswell, J. W. (2007). Qualitative Choosing Among Five Approaches. Sage Publication.

Fitri Ayuningtiyas. (2022). Implikasi Pemerintah Terkait Pelayanan Publik Secara Online Dalam Perspektif Hukum Administrasi Negara. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan (Education), 2(8.5.2017), 2003–2005. Www.Aging-Us.Com

Imtihan, H., Wahyunadi, & Firmansyah, M. (2017). Peran Pemerintah Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang Ds. Taman Sari Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat 2016). Jneo-Bis, 11(1), 1–10.

Irwansyah, D., Hotman, F., Damanik, S., Judijanto, L., Jakarta, U. M., Sunan, U. I. N., Djati, G., Negeri, U., Riset, B., & Jakarta, I. (2023). Digitalisasi Terhadap Pelayanan Publik Melalui Transformasi E-Government . Penelitian Ini , Berjudul " Transformasi E-Government : Dampak Digitalisasi Pada Penyediaan Pelayanan Publik Dan Mengukur Efektivitas Transformasi E- Government Dalam Meningkatkan. Cahaya Mandalika, 03(02), 1796–1803. Https://Www.Ojs.Cahayamandalika.Com/Index.Php/Jcm/Article/View/2390

Islami, E., & Islam, J. P. (2022). Pemanfaatan Website Sebagai Bentuk Digitalisasi Pelayanan Islam Wulan Ayu Rahmadhani , David King , Embarina Melviyani Br Ginting , Fernandes Institut Pemerintahan Dalam Negeri A . Pendahuluan Pada Era Society 5 . 0 Perkembangan Teknologi Sangat Pesat , P. 1167–1182. Https://Doi.Org/10.30868/Ei.V11i01.2979

Jumhur, H. M., Doly, D., Telekomunikasi, J. I., Batu, T. B., & Barat, J. (2023). Legalitas Peraturan Presiden Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Dalam Sistem Pemerintahan Di Indonesia Pemerintah Indonesia Mulai Menggunakan Komputer Berjaringan , Dengan Dua Proyek. 233–254.

Komunikasi, D. (2020). Inovasi Untuk Integrasi Ekonomi Keuangan Digital. In Laporan Perekonomian Indonesia 2019 (Vol. 7, Issue 3).

Lili Suryani, Muchid Albintani, Nurmala Sari, Anton Budi Dharma, & Achmad Fauzi. (2024). Literature Riview : Implementasi Aplikasi M-Paspor Dalam Mewujudkan Digitalisasi Pelayanan Publik. Jurnal Niara, 16(3), 459–466. Https://Doi.Org/10.31849/Niara.V16i3.18199

Maulana Achmadi. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Di Era Digital. Ombudsman.Go.Id. Https://Ombudsman.Go.Id/Artikel/R/Pwkinternal--Inovasi-Pelayanan-Publik-Di-Era-Digital

Narendroputro, W., & Rusfian, E. Z. (2023). Jurnal Public Policy The Innovation Capacity Of The Electronic Traffic Law Enforcement ( Etle ) Of The Indonesian National Police Viewed By The Observatory Of Public Sector Innovation ( Opsi ) Framework. 4.

Nurlaila, N., Nurhasanah, N., & Bima, S. (2024). Transformasi Digital Pelayanan Publik: Tantangan Dan Prospek Dalam Implementasi E-Government Di Kabupaten Bima Zuriatin Zuriatin Stkip Taman Siswa Bima. Public Service And Governance Journal, 5(2), 21–37.

Panggabean, C., & Meilani, N. L. (2023). Digitalisasi Pelayanan Publik Di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman Dalam Tinjauan Digital Era Governance). Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 2(3), 721–728. Https://Doi.Org/10.55681/Sentri.V2i3.622

Ratnasari, J. D., Makmur, M., & Ribawanto, H. (2013). Pengembangan Kapasitas (Capacity Building) Kelembagaan Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang. Jurnal Administrasi Publik, 1(3), 103–110. File:///C:/Users/User/Documents/Mendeley Desktop/Badan, Daerah, Jombang/Unknown/Badan, Daerah, Jombang - 1999 - Pengembangan Kapasitas (.Pdf

Silaban, J., & Yuningsih, N. Y. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Elektronik: Analisis Aplikasi Whatsapp Untuk Kebutuhan Informasi Dan Pelayanan Online Di Sebuah Desa Di Kabupaten Sumedang Pada Tahun 2021. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 8211–8214. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i10.3107

Tampanguma, K. S., Kalangi, J. A. F., & Rogahang, J. J. (2020). Kolaborasi Bisnis Terhadap Pendapatan Pengelolaan Captikus Di Desa Lalumpe. Productivity, 1(4), 233–327.

Yulanda, A., & Fachri Adnan, M. (2023). Transformasi Digital: Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Publik Ditinjau Dari Perspektif Administrasi Publik. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora (Isora), 1(3), 103–110. Https://Isora.Tpublishing.Org/Index.Php/Isora

Yunaningsih, A., Indah, D., & Eryanto Septiawan, F. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Melalui Digitalisasi. Altasia : Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9–16. Https://Doi.Org/10.37253/Altasia.V3i1.4336

Downloads

Published

2024-09-17