EVALUASI KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN HAJI REGULER DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA BAUBAU

Authors

  • Wa Dila Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP, Universitas Halu Oleo
  • Sartono Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP, Universitas Halu Oleo
  • La Ode Muh. Elwan Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP, Universitas Halu Oleo

Keywords:

Pelayanan Publik, Evaluasi Kinerja, Kualitas Pelayanan, Kementrian Agama Kota Baubau

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hasil evaluasi kenerja pegawai dalam pelayanan Haji Reguler pada Kantor Kementerian Agama Kota Baubau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis informasi yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif. Jadi informan dalam penelitian ini ada 5 orang terdiri atas Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Pegawai 2 orang, dan jamaah 2 orang.Berdasarkan hasil penelitian ini menjukan bahwa (1) Evaluasi kinerja pegawai dalam pelayanan Haji Reguler di Kantor Kementerian Kota Baubau sudah baik, namun perlu terus ditingkatkan lagi. Kinerja pegawai akan menunjukan kemampuan organisasi/lembaga dalam mencapai tujuan. Untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan, di perlukan peningkatan-peningkatan kinerja pegawai secara berkala. Setiap kinerja dipantau dan dikontrol langsung Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Baubau sebagai pimpinan dan jika terdapat kinerja pegawai yang perlu diperbaiki, langkah-langkah perbaikan akan diambil karena kinerja pegawai memiliki dampak langsung terhadap kualitas pelayanan publik (2) Kualitas pelayanan haji reguler yang dilakukan pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Baubau dinilai belum optimal utamanya pada indikator bukti fisik. Beberapa sarana dan prasarana masih ada yang perlu di perbaiki yang mengakibatkan ketidaknyamanan pengguna layanan saat proses pemberian layanan.

References

Abdurrahman, Jafar. 2017. “Faktor Yang Mempengaruhi Evaluasi Kinerja Para Pegawai Di Kantor Pemerintaah.” UIN Ar-Raniry 151–65.

Abdussamad, Zuchri. n.d. Metode Penelitian Kualitatif. edited by P. Rapanna. Makasar: CV. Syakir Media Press.

Hardiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik. Revisi. Yogyakarta: Gava Media.

Hardiyansyah. 2015. Komunikasi Dan Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Hariadja, Marihot Tua Efendi. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.

Haseno, Tun. 2019. Kinerja Pegawai Tinjauan Dari Dimensi Kepemimpinan, Misi Organisasi, Budaya Organisasi, Dan Kepuasan Kerja. Malang: Media Nusa Creative

Hasibuan, Melayu S. .. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Herjuliani. 2017. “Analisis Kinerja Pegawai Pada Kantor Kelurahan Melayu Kota Piring Tanjungpinang.” Journal of Materials Processing Technology 1(1):1–8.

Irbiana, Yulia Erha. 2016. “Efektivitas Penilaian Prestasi Kerja PNS (Pegawai Negeri Sipil) Di Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya.” Jurnal PUBLIKA 4(11):1–10.

Kurniawan, Ade. 2012. “Evaluasi Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serang.” Tesis 1–132.

Maharani, Dearosa. 2017. “Kinerja Pegawai Samsat Dalam Pemberian Pelayanan Publik Di Kantor Samsat Pembantu Samarinda Seberang Kota Samarinda.” Ilmu Pemerintahan 5(1):81–92.

Maryanto. 2019. “Evaluasi Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Busang.” Maryanto 2–4:2–4.

Maulidiyah, Sri. 2014. Pelayanan Publik Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Bandung: CV. Indra Prahasta.

Nuralam, Maman. 2015. “Evaluasi Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang Tahun 2014.” Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Oktaviani, Hernita. 2015. “EVALUASI KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA.” Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis 53(9):1689–99.

Parasuraman, Valarie A.Zeithmal, Leonard L. Berry. 1985. “SERVQUAL: A Multiple-Item Scale For Measuring Consumer Perceptions Of Service Quality.” Electronics Letters 21(6):236–38.

Rivai, Vithzal. 2011. Performance Appraisal. Jakarta: Rajawali.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alvabeta.

Tsauri, Sofyan. 2014. MANAJEMEN KINERJA (Performance Management). Jember: STAIN Jember Press.

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 Tentang Pokok- Pokok Kepegawaian

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Pasal 1 Ayat 1 Tentang Aparatur Sipil Negara

Downloads

Published

2024-09-17