EVALUASI KINERJA POLISI KHUSUS PEMASYARAKATAN DALAM PENGAWASAN NARAPIDANA DI RUTAN KELAS II A KENDARI

Authors

  • Jumartono Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP, Universitas Halu Oleo
  • La Ode Mustafa Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP, Universitas Halu Oleo
  • Justawan Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP, Universitas Halu Oleo

Keywords:

Kinerja Polisi Rutan, Pengawasan, Narapidana

Abstract

Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja polisi khusus pemasyarakatan dalam pengawasan narapidana di Rumah Tahanan Negara Kota Kendari, khususnya di Rutan Kelas II A Kendari.Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan polisi khusus pemasyarakatan dan analisis dokumen terkait kebijakan dan prosedur pengawasan.Berdasarkan hasil penelitian, kinerja polisi khusus pemasyarakatan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) produktivitas narapidana ditingkatkan melalui program pembinaan agama, pengembangan keterampilan, dan olahraga; 2) pelayanan rutan memenuhi standar dalam kesehatan dan kebutuhan harian narapidana; 3) responsivitas terhadap kebutuhan dan masalah narapidana telah diimplementasikan; 4) responsibilitas dalam mematuhi SOP dan tugas-tugas rutan terlihat, meskipun dengan keterbatasan sarana dan prasarana; 5) akuntabilitas petugas rutan meningkat dengan menjalankan tugas sesuai SOP. Pengawasan di rutan mencakup preventif yang ketat untuk mencegah masuknya barang terlarang, pengawasan langsung yang menjaga ketertiban, dan pengawasan represif untuk menjaga disiplin. Rekomendasi penelitian yaitu Meningkatkan program pembinaan keterampilan, pelatihan manajemen respons, implementasi sistem komunikasi efisien, perkuat pengawasan internal, mekanisme evaluasi kinerja terstruktur, teknologi deteksi yang lebih baik, optimalkan distribusi personel, dan pastikan tindakan represif sesuai prinsip HAM. Implikasin Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas pengawasan narapidana di rutan dengan fokus pada pembinaan, pelatihan, dan penguatan sistem manajemen.

References

Alfin, A., Mahsyar, A., & Usman, J. (2020). Penerapan Fungsi MSDM Dalam Meningkatkan Tugas Polisi Khusus Pemasyarakatan Di Lapas Kelas I Kota Makassar. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 1(2), 394-409.

Anggreni, N. (2021). Pola Pelaksanaan Rehabilitasi Sosial Bagi Narapidana Penyalahgunaan Narkotika Di Lapas Narkotika Kelas II B Rumbai Pekanbaru (Disertasi, Universitas Islam Riau).

Bawono, J. G. (2020). Upaya Lembaga Pemasyarakatan Dalam Penanggulangan Penyalahgunaan Narkotika Oleh Narapidana Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan. Lex Et Societatis, 8(4).

Budiharsono, B., & Rahmatullah, R. (2019). Peranan Kinerja Polsuspas Dalam Pengawasan Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA. Public Administration Journal (PAJ), 3(2), 165.

N. K. I. (2014). Peran Tamping Dalam Pembinaan Narapidana Di Rumah Tahanan Negara Klas II A Samarinda.

NUR, R. (2023). Analisis Fiqh Siyasah Terhadap Strategi Polisi Khusus Pemasyarakatan Dalam Mencegah Perkelahian Antar Sesama Warga Binaan (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kotabumi Lampung Utara) (Disertasi, UIN Raden Intan Lampung).

Pasaribu, J. R. (2018). Analisis Pola Pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan pada Cabang Rumah Tahanan Negara di Pancurbatu (Disertasi, Universitas Medan Area).

Pramudhito, Y. A. (2021). Efektivitas Lembaga Pemasyarakatan Dalam Membina Narapidana Di Indonesia: Sebuah Tinjauan Pustaka. Jurnal Yustisiabel, 5(1), 69-82.

SEPTI, D. S. (2023). Fungsi Pengawasan Balai Pemasyarakatan Purwokerto Terhadap Narapidana Pencurian Yang Memperoleh Status Pembebasan Bersyarat Perspektif Siyāsah Dustūriyah (Disertasi, UIN Prof. K. H Saifuddin Zuhri).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Wulandari, D. C. (2020). Peran Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Salemba Dalam Pelayanan Kesehatan Narapidana Penderita HIV dan AIDS (Skripsi, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Downloads

Published

2024-09-23