LITERASI DIGITAL APARATUR SIPIL NEGARA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

Authors

  • Salfa Cantika Dwi Cahyani Tombili Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu Oleo
  • Makmur Kambolong Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Yusuf Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu Oleo

Keywords:

Literasi Digital, Aparatur Sipil Negara, Kualitas Pelayanan Publik

Abstract

Penelitian  ini bermaksud untuk menganalisis literasi digital aparatur sipil negara dan  kualitas pelayanan publik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kendari, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan   jenis penelitian deskriptif, jumlah  informan  sebanyak  7  orang  yang  ditentukan  dengan  teknik  purposive  sampling, analisis data menggunakan teknik interactive model , Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Literasi digital Aparatur Sipil Negara dari aspek wawasan digital, keterampilan digital dan perilaku digital dalam kondisi yang relatif cukup baik, namun masih terdapat   kesenjangan literasi digital di internal organisasi  di berbagai bidang ,jabatan, posisi yang ada,Gap tersebut sebagian besar  berada pada back  office atau  computer operation,  (2)  Kualitas pelayanan publik dari aspek customer relatif cukup baik melayani urusan  publik dengan  menunjukan sikap berempati dengan masyarakat,  dari aspek kejelasan tata cara pelayanan  relatif  cukup baik didesain sesederhana mungkin dan telah dikomunikasikan kepada masyarakat, dari aspek transparansi relatif cukup baik dalam memberikan  informasi terhadap biaya-biaya  pelayanan sesuai dengan  jenis pelayanan yang  hendak di urus masyarakat , dari aspek kepastian jadwal dan durasi pelayanan relatif cukup baik memberikan   jaminan jangka waktu penyelesaian pelayanan,  dari aspek  penanganan  keluhan    belum baik  karena  masih  terjadi  penundaan berlarut (undue delay ) penyelesaian keluhan-keluhan masyarakat.

References

Arrochmah, N. P., & Nasionalita, K. (2020) Kesenjangan Digital Antara Generasi X Dan Y Di Pemerintah Provinsi DKI, Diakom: Jurnal Media dan Komunikasi 3(1),26-39

Firmansyah, A. (2021). Literasi Digital Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Publik Pemerintah. Civil Service Journal, 15(2 November), 33-42.

Haerana, H., & Riskasari, R. (2022). Literasi Digital dalam Pelayanan Publik. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 131-137.

Japelidi.2019. Pemetaan literasi digital masyarakat Indonesia 2019. Paper dipresentasikan pada Seminar Nasional Seminar Nasional Literasi Digital Dalam Membangun Perdamaian dan Peradaban Dunia oleh ComTC UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia

Kemendibud .2017. Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta : Kemendikbud

Kementerian Komunikasi dan Informatika , Siberkreasi, & Deloitte. 2020. Roadmap literasi digital 2021-2024. Jakarta: Kominfo, Siberkreasi, & Deloitte

Kurnia, N. & Wijayanto, X. A. 2020. Kolaborasi Sebagai Kunci: Membumikan Kompetensi Literasi Digital Yogyakarta: Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Gadjah Mada.

Kusumastuti, dkk. 2021. Etis Bermedia Digital. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika

Law, N., Woo, D. ., de la Torre, J., & Wong, G. (2018). A Global Framework of Reference on Digital Litearcy Skills for Indicator 4.4.2. In UNESCO Institute for Statistics (UIS/2018/ICT/IP/51).

Monggilo , Zainuddin Muda dkk .2021. Modul Cakap Bermedia Digital. Jakarta : Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika

Monggilo, Zainuddin M.Z. & Kurnia, Novi. 2021.Modul Cakap Bermedia Digital, Jakarta : Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika

Pariq,Said (2021) Penguatan Peran Widyaiswara Dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Menuju Konsep Smart ASN 4.0. Jurnal Prajaiswara 2 (2) , 285-295

Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 38 tahun 2017 Tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara

Permadi, D., 2018. Menyongsong Kewirausahaan Digital Indonesia. Yogyakarta : UGM PRESS.

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2010. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rumata, V. M., & Nugraha, D. A. (2020). Rendahnya tingkat perilaku digital ASN kementerian kominfo: Survei literasi digital pada instansi pemerintah. Jurnal Studi Komunikasi, 4(2), 467-484.

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Downloads

Published

2023-12-08