LITERASI DIGITAL APARATUR SIPIL NEGARA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK
Kata Kunci:
Literasi Digital, Aparatur Sipil Negara, Kualitas Pelayanan PublikAbstrak
Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis literasi digital aparatur sipil negara dan kualitas pelayanan publik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kendari, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, jumlah informan sebanyak 7 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling, analisis data menggunakan teknik interactive model , Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Literasi digital Aparatur Sipil Negara dari aspek wawasan digital, keterampilan digital dan perilaku digital dalam kondisi yang relatif cukup baik, namun masih terdapat kesenjangan literasi digital di internal organisasi di berbagai bidang ,jabatan, posisi yang ada,Gap tersebut sebagian besar berada pada back office atau computer operation, (2) Kualitas pelayanan publik dari aspek customer relatif cukup baik melayani urusan publik dengan menunjukan sikap berempati dengan masyarakat, dari aspek kejelasan tata cara pelayanan relatif cukup baik didesain sesederhana mungkin dan telah dikomunikasikan kepada masyarakat, dari aspek transparansi relatif cukup baik dalam memberikan informasi terhadap biaya-biaya pelayanan sesuai dengan jenis pelayanan yang hendak di urus masyarakat , dari aspek kepastian jadwal dan durasi pelayanan relatif cukup baik memberikan jaminan jangka waktu penyelesaian pelayanan, dari aspek penanganan keluhan belum baik karena masih terjadi penundaan berlarut (undue delay ) penyelesaian keluhan-keluhan masyarakat.
Referensi
Arrochmah, N. P., & Nasionalita, K. (2020) Kesenjangan Digital Antara Generasi X Dan Y Di Pemerintah Provinsi DKI, Diakom: Jurnal Media dan Komunikasi 3(1),26-39
Firmansyah, A. (2021). Literasi Digital Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Publik Pemerintah. Civil Service Journal, 15(2 November), 33-42.
Haerana, H., & Riskasari, R. (2022). Literasi Digital dalam Pelayanan Publik. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 131-137.
Japelidi.2019. Pemetaan literasi digital masyarakat Indonesia 2019. Paper dipresentasikan pada Seminar Nasional Seminar Nasional Literasi Digital Dalam Membangun Perdamaian dan Peradaban Dunia oleh ComTC UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
Kemendibud .2017. Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta : Kemendikbud
Kementerian Komunikasi dan Informatika , Siberkreasi, & Deloitte. 2020. Roadmap literasi digital 2021-2024. Jakarta: Kominfo, Siberkreasi, & Deloitte
Kurnia, N. & Wijayanto, X. A. 2020. Kolaborasi Sebagai Kunci: Membumikan Kompetensi Literasi Digital Yogyakarta: Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Gadjah Mada.
Kusumastuti, dkk. 2021. Etis Bermedia Digital. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika
Law, N., Woo, D. ., de la Torre, J., & Wong, G. (2018). A Global Framework of Reference on Digital Litearcy Skills for Indicator 4.4.2. In UNESCO Institute for Statistics (UIS/2018/ICT/IP/51).
Monggilo , Zainuddin Muda dkk .2021. Modul Cakap Bermedia Digital. Jakarta : Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika
Monggilo, Zainuddin M.Z. & Kurnia, Novi. 2021.Modul Cakap Bermedia Digital, Jakarta : Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika
Pariq,Said (2021) Penguatan Peran Widyaiswara Dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Menuju Konsep Smart ASN 4.0. Jurnal Prajaiswara 2 (2) , 285-295
Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 38 tahun 2017 Tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara
Permadi, D., 2018. Menyongsong Kewirausahaan Digital Indonesia. Yogyakarta : UGM PRESS.
Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2010. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rumata, V. M., & Nugraha, D. A. (2020). Rendahnya tingkat perilaku digital ASN kementerian kominfo: Survei literasi digital pada instansi pemerintah. Jurnal Studi Komunikasi, 4(2), 467-484.
Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta