INOVASI TERHADAP MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR LURAH BATU MEJA KOTA AMBON

Authors

  • Ahmad Rosandi Sakir Universitas Pattimura
  • Irfan B Universitas Indonesia Timur

Keywords:

Inovasi, Manajemen, Pelayanan Publik

Abstract

Pelayanan publik tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, tetapi pemerintah daerah juga memiliki peran penting dalam menyelenggarakan layanan tersebut, didukung oleh prinsip otonomi daerah. Kelurahan Batu Meja telah menyelenggarakan berbagai jenis pelayanan, baik dari segi administratif maupun sosial, dengan sejumlah program-program untuk masyarakat. Pada masa kepemimpinan Lurah sebelumnya, meskipun tidak terdapat permasalahan signifikan dalam pelayanan, terdapat keterbatasan dalam inovasi program untuk masyarakat. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan atau melukiskan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang dapat diamati, termasuk aspek-aspek yang mungkin tidak terlihat secara langsung. Hasil dari Penelitian ini Menunjukkan Program-Program inovasi dari Pemerintah Kelurahan Batu Meja Kota Ambon adalah: bantuan UMKM, bantuan sembako untuk korban banjir dan longsor, Pelayanan Terpadu Secara Online, bantuan rumah layak huni, dan Bank Sampah, Semua inovasi ini mencerminkan komitmen kelurahan untuk terus berinovasi demi meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan kepada masyarakat Batu Meja

References

Akbar, G. G., Hermawan, Y., & Karlina, A. L. (2019). Analisis Perencanaan Pembangunan Desa Di Desa Sukamaju Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Jurnal Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 10(2), 1–8. https://doi.org/10.36624/jpkp.v10i2.64

Ali, K., & Saputra, A. (2020). Tata Kelola Pemerintahan Desa Terhadap Peningkatan Pelayanan Publik Di Desa Pematang Johar. Warta Dharmawangsa, 14(4), 602–614. https://doi.org/10.46576/wdw.v14i4.891

AR Sakir, A. R. (2021). Budaya Birokrasi : Kinerja Pegawai Samsat Maros dalam Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraa bermotor. 7, 25–35. https://journal.lldikti9.id/sosiosains/article/view/573/402

Aruperes, F., Kaawoan, J., & Sumampow, I. (2019). Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Publik (Studi di Kecamatan angowan Barat Kabupaten Minahasa). Jurnal Eksekutif, 3(3), 1–9.

Eldo, D. H. A. P., & Mutiarin, D. (2019). Analisis Best Practice Inovasi Pelayanan Publik (Studi pada Inovasi Pelayanan “Kumis MbahTejo” di Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta). Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 1(2), 156. https://doi.org/10.24198/jmpp.v1i2.16753

Haqie, Nadiah, A. (2020). INOVASI PELAYANAN PUBLIK SUROBOYO BIS DI KOTA SURABAYA Zulfa Auliana Haqie. Inovasi Pelayanan Publik, 5, 23–30.

Hardianto, H. (2022). Determinasi Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemberantasan Kemiskinan Desa: Analisis Dana Desa Dan Alokasi Dana Desa (Literature Review Manajemen Keuangan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 266–275. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.872

Herdiana, D. (2020). Urgensi Revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Perihal Pembangunan Desa. Jurnal Hukum & Pembangunan, 50(1), 245. https://doi.org/10.21143/jhp.vol50.no1.2493

Juliani, H. (2019). Perubahan Perilaku Aparatur sebagai Model dalam Mewujudkan Reformasi Birokrasi yang Berkualitas. Administrative Law and Governance Journal, 2(1), 113–125. https://doi.org/10.14710/alj.v2i1.113-125

Karinda, K., & Zaman, W. (2021). Perilaku Birokrasi Terhadap Kualitas Pelayanan Kependudukan. Journal of Government Insight, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.47030/jgi.v1i1.249

Kurniasih. (2020). Problematika Birokrasi dalam Pemerintah. Lingkar Widyaiswara, 07(Widyaiswara Network Journal), 17–22. www.juliwi.com

Kurniawan, R. C. (2017). Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. FIAT JUSTISIA:Jurnal Ilmu Hukum, 10(3), 569–586. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v10no3.794

Pontoan, M. E., Kaunang, M., & Kumayas, N. (2019). Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Eksekutif, 3(3), 1–7. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnaleksekutif/article/view/26255%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnaleksekutif/article/download/26255/25882

Rontos, I. C., Sambiran, S., & Mantiri, M. (2019). Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Publik (Studi Di Kecamatan Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan). Eksekutir Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 3(3), 1–7.

Samaun, R., Bakri, B., & Mediansyah, A. R. (2022). Upaya Pemerintah Desa Mendorong Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Oluhuta Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Hulondalo Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 1(1), 18–33. https://doi.org/10.59713/jipik.v1i1.18

Sanna, A., Serafin, R., & Maganetti, N. (2011). E-health. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 6545, 697–720. https://doi.org/10.1007/978-3-642-19050-6_26

Sartika, D. (2013). Analisis Perilaku Birokrasi Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Kelurahan Lambara Kecamatan Tawaeli. Katalogis, 1(7), 135–146.

Sondakh, H. (2021). Kebijakan Pemerintah Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur Di Desa Tondei Kec. Motoling Barat Kabupaten Minahasa Selatan. Disiplin Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Tikala, 1(1), 1–8.

Downloads

Published

2024-01-08