KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN ADMINISTRASI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN MAJENE

Authors

  • Erwing Yanto Erwin Universitas Indonesia Timur
  • Irfan. B Universitas Indonesia Timur
  • Tri Cahyo Nugroho Universitas Handayani Makassar

Keywords:

Kualitas Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini tentang Kualitas Pelayanan publik dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Malunda Kecamatan Malunda Kabupaten Majene. Hal ini dikarenakan masih ditemukan berbagai kendala dalam pelayanan administrasi kependudukan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu mendeskripsikan peristiwa atau kejadian, dan melakukan pendekatan analisis dalam pengumpulan data sedalam-dalamnya. Metode analisis data yang digunakan adalah diskriptif analisis dari hasil wawancara, peneliti akan mendeskripsikan dan menganalisis berdasarkan kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori Zeithaml et al peneliti mengambil 3 variabel didalamnya dari 5 total variabel pembahasan yaitu: 1. Berwujud;  2. Keandalan; 3. Respon. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan administrasi kependudukan dikelurahan malunda belum optimal, dimana dimensi tangibel, aspek paling dominan menjadi permasalahan warga. Penelitian juga menunjukkan bahwa fasilitas pelayanan administrasi kependudukan perlu di tingkatkan lagi agar proses pelayanan bisa optimal, serta wahana informasi lebih di perbanyak agar pengunjung bisa mengetahui proses-proses yang akan dilalui.

References

Mosso, Aholiab, Singkoh, Frans, & Sumampow, Ismail. (2018). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan,1-1.

Parasuraman, A. Valerie, (2001). (Diterjemahkan oleh Sutanto) Delivering Quality Service. The Free Press, New York

Rahmadana, M. F., Tentrem Mawati Nurhayati Siagian, A., Agustina Perangin- angin John Refelino, M., Yusuf Tojiri, M., Siagian Nur Arif Nugraha, V., Orba, S., Silalahi Devi Yendrianof, M., Puspita Sari, A., Nopen Supriadi Marlynda Happy Nurmalita Sari, M., & Bahri Penerbit Yayasan Kita Menulis, S. (2020). Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis.

Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Praktiknya,” Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Yanto Erwing, (2022). Realisasi Pelaksanaan Ganti Rugi Terhadap Pembebasan Tanah Pembangunan Bendungan Pammukkulu Kabupaten Takalar, ournal of Governance and Policy Innovation (JGPI) p-ISSN: 2774-907X; e-ISSN: 2775-0140 Volume 2, Nomor 1, April 2022

Undang-Undang/Peraturan Pemerintah/ Internet:

Keputusan Menpan No.63/Kep/M Pan/7/2003 tentang pedoman umum pelaksanaan pelayanan publik

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan

Website Dukcapil Majene https://www.disdukcapil.majenekab.go.id/

Downloads

Published

2024-01-22