IMPLEMENTASI PROGRAM LAYANAN INTEGRASI KENDARI DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA KENDARI

Authors

  • Muhammad Arif Rahman Shiddiq Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu Oleo
  • Sartono Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu Oleo
  • Suriyani BB Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu Oleo

Keywords:

Good Governance, Implementasi Kebijakan, LAIKA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  apakah Implementasi Program Layanan Integrasi Kendari (LAIKA) dapat  Mewujudkan Good Governance pada pelayanan publik yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari dengan menggunakan metode deskriptif   kualitatif.   Informan dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Program Layanan Integrasi Kendari dalam   Mewujudkan Good Governance pada Dinas Kependuduan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari sudah berjalan dengan baik. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari sudah Konsisten dalam menjalankan Aplikasi LAIKA, pelayanan menggunakan aplikasi LAIKA sangat transparan, penggunaan aplikasi LAIKA juga memberikan keadilan bagi masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan, pelayanan menggunakan aplikasi LAIKA sudah efektif dan efisien serta dapat mewujudkan Good Governance. Hal ini dapat di lihat dari semakin berkurangnya masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan secara langsung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari. Selain itu kemudahan akses informasi pengurusan dokumen kependudukan bagi masyarakat, masyarakat bisa mengetahui nomor antrian mereka, masyarakat juga bisa mengetahui berapa jumlah yang mengurus dokumen kependudukan hanya melalui aplikasi LAIKA, serta pelayanan bisa dengan mudah di akses oleh masyarakat. Namun ada beberapa hal yang menjadi hambatan yaitu tidak semua masyarakat paham menggunakan aplikasi LAIKA. Selain itu jaringan internet dan sistem SIAK yang terkadang bermasalah sehingga menyebabkan pelayanan menjadi terhambat serta kondisi sarana dan prasarana yang masih kurang lengkap  menjadi salah satu kendala dalam mempercepat pelayanan.

References

Arikunto,S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi, Jakarta.

Arikunto, S (2019). Manajemen Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Asri, B. (2020). Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Pada Era Covid-19 Di Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat. VISIONER: Jurnal Pemerintahan Daerah di Indonesia, 12(4), 695-712

Cahyani, L. (2009). Implementasi kebijakan perspektif. Academia, 5(1), 65–85.

Harlan, L. A., Darma, D., & Murniati, M. (2021). Kinerja Aparatur Kelurahan dalam Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi LAIKA. Parabela: Jurnal Ilmu Pemerintahan & Politik Lokal, 1(2), 59-68.

Irawan, B. (2013). Studi Analisis Konsep E-Government: Sebuah Paradigma Baru dalam Pelayanan Publik. Jurnal Paradigma, 2(1), 174–201.

Moleong, (1994) Metode Penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nadila;, Eliyusnadi;, & Septiani, E. (2021). Implementasi Electronic Government Dalam Mewujudkan Good Governance Dan Smart City. Jurnal Administrasi Nusantara Mahasiswa, 3(3),

Nasrullah. (2017). Implementasi Electronic Government Dalam Mewujudkan Good Governance dan Smart City ( Studi Kasus : Pemerintah Kota Makassar). E-JURNAL JUSITI: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 6(2), 23–31.

Nani, W. O. S., Zainal, A. S., & Sari, D. (2021). Pemanfaatan E-Government Berbasis Aplikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publikdi Kota Kendari. Parabela: Jurnal Ilmu Pemerintahan & Politik Lokal, 1(1), 1-9.

Aprianty, D. R. (2016). Penerapan Kebijakan E-Government dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda. EJournal Ilmu Pemerintahan, volume 4(4), 1589–1602.

Retnowati, N. D., & Retnowati, D. (2015). Peranan E-Government Dalam Rangka Mewujudkan Good Governance Bagi Masyarakat. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) (Vol. 1, No. 5)

Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik, 11(1), 1–12.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Subarsono. (2005). Analisis Kebijakan Publik Konsep,Teori Dan Aplikasi (9th ed.). Pustaka Pelajar.

Sulistyorini, P., Rusli, C. Y., & Indrayanti. (2017). Aplikasi Pengukuran Kaulitas Pelayanan Publik Secara Online Untuk Mendukung Smart Government Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 13, 62–72.

Widianti, M. M. (2016). Implementasi E-Government Penyelenggaraan E-KTP di Kabupaten Pringsewu. Prociding Kmsi, 4(1)

Yohana, N., & Yazid, T. P. (2016). Pemanfaatan Website Pemerintah Kota Pekanbaru Dalam Mewujudkan Good Governance. Masyarakat Telematika dan Informasi, 5(2), 153-168

Yefani, A. K., & Said, M. M. (2021). Implementasi E-SURADI (Surat Digital) Dalam Mewujudkan Good Governance Di Kota Malang ( Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang ). Jurnal Respon Publik, 15(5), 69–77.

Downloads

Published

2023-12-08